Senin, 28 November 2011

Asimo !!!! Robot Serba Bisa

Honda mengambil kesempatan dalam pengembangan robot humanoidberkaki dua yang bisa berjalan seperti layaknya manusia. Dilansir dari Honda.com, robot humanoid tersebut berukuran kecil, ringan, dan dinamakan Asimo (Advanced Step in Innovative Mobility.rom), sebuah revolusi robot dalam era baru yakni robot yang memiliki gaya dalam berjalan menyerupai manusia.




Salah satu alasan Honda menciptakan robot Asimo pada beberapa tahun lalu adalah untuk mengembangkan robot yang dapat berjalan sendiri, yang bias menolong manusia sebaik praktek penggunaannya dalam masyarakat. Penelitian dan pengembangan robot Asimo dimulai pada tahun 1996 dengan prototype robot P2, dan pada tahun 1997 dalam format robot P3.

Asimo termasuk prototype dari robot P3, yang dapat berjalan secara halus dan tanpa suara. Dengan tinggi badan Asimo sekitar 120 cm terlihat matanya akan sejajar dengan mata orang dewasa ketika orang dewasa duduk di kursi. Asimo lebih ringan daripada P3, yang lebih tinggi 40 cm dan lebih berat 87 kg dibandingkan Asimo. Dengan berat 43 kg, Asimo dapat mengoperasikan peralatan rumah tangga, meraih tombol pintu, berdansa, dan menjalankan tugas rumah tangga.

Robot Asimo memiliki Advanced Walking Technology yang mampu memperkirakan dan mengontrol pergerakan sesuai dengan arah gravitasi, yang dikombinasikan dengan control berjalan yang sudah ada, yakni teknologi iWalk (intelligent real-time flexible walking). Kombinasi kedua teknologi dapat menghasilkan perubahan arah yang halus, sehingga terlihat natural dan stabil seperti manusia. Pengoperasian robot menggunakan metode Simple Operation To, untuk memperlancar jalannya robot, control berjalan yang fleksibel, dan tombol operasi (dari isyarat gerakan  dan lambaian tangan) yang dapat dioperasikan  dari workstation atau control portable yang dipasang di tangan. Perluasan jarak gerak Asimo dapat dilakukan dengan menambah sudut gerak bahu sekitar 20 derajat dan tinggi siku sekitar 15 derajat horizontal, juga sudut gerak lengan vertical sebesar 105 derajat, yang jauh lebih luas dibandingkan robot P3.

Berikut spesifikasi robot Asimo dari Honda :
Berat : 43kg
Tinggi : 1,200mm
Tebal : 440mm
Panjang :  450mm
Kecepatan berjalan : 0 – 1.6km/h
Derajat kebebasan gerak kepala : 2 derajat
Derajat kebebasan gerak lengan : 5 x 2 = 10 derajat
Derajat kebebasan gerak tangan: 1 x 2 = 2 derajat
Derajat kebebasan gerak kaki: 6 x 2 = 12 derajat
Total derajat kebebasan gerak : 26 derajat
Penggerak robot : Servomotor + Harmonic Decelerator + Drive ECU
Pengontrol : Walking/Operation Control ECU, Wireless Transmission ECU Sensor
Sensor kaki :  6-axis
Sensor badan : Gyroscope & Deceleration
Sumber tenaga : 38.4V/10AH (Ni-MN)
Pengoperasian : Work Station & Portable Controller
Kelebihan robot Asimo :
Kecil dan ringan
Walking Technology yang canggih
Pergerakan lengan yang luas
Desain yang people-friendly
Cara pengoperasian yang mudah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar